Resep Diet Sehat Ada di Alquran

Resep Diet Sehat Ada di Alquran

Tak hanya menyebutkan makanan yang diperbolehkan dan dilarang, tetapi juga memberikan tips yang berguna mengenai diet seimbang.

Alquran tidak hanya menyebutkan makanan yang diperbolehkan dan dilarang, tetapi juga memberikan tips yang berguna mengenai diet seimbang. Diet yang paling tidak mengandung bahan yang diperlukan untuk pertumbuhan, kekuatan dan perbaikan tubuh manusia.

Beberapa bahan diet tersebut antara lain daging, buah, susu, dan ikan. Alquran bahkan memberi referensi langsung tentang bahan makanan tersebut agar manusia bisa mendapatkannya dengan mudah.

Islam, sebagai agama yang lengkap, juga mengajarkan dan menyarankan orang untuk makan secara cukup. Tidak hanya dalam hal makan, manusia disarankan tak berlebihan dalam setiap aspek kehidupan.

Nabi Muhammad mengatakan kelemahan terburuk tubuh manusia adalah perut. Jika makan, pastikan mengisi sepertiga dari perut Anda dengan makanan, sepertiga dengan air dan sepertiga sisanya untuk udara.

Dalam riwayat lain, Nabi Muhammad mengatakan, perut ibarat tangki dalam tubuh dan pembuluh darah mengalir ke sana (untuk diisi sari makanan dan diedarkan ke seluruh tubuh).

Ketika perut sehat pembuluh darah kembali dalam kondisi sehat, tetapi bila (perut) dalam kondisi yang buruk, mereka (pembuluh darah) kembali (membawa) sakit.

Singkatnya, kaum muslim disarankan untuk selalu menjaga perut mereka dan menahan diri dari makanan dan praktek-praktek yang mungkin mencemari perut dengan berbagai penyakit.

Nabi Muhammad menyarankan kaum muslim untuk selalu berhenti makan sebelum perut mereka benar-benar penuh. Maksudnya berhenti makan ketika dorongan untuk makan lebih banyak masih ada.

Islam mengajarkan kita banyak etika tentang makan dan minum. Nabi Muhammad selalu menekankan kebiasaan makan dan minum yang sehat kepada para sahabatnya.

Dia meminta para sahabat untuk mencuci tangan mereka sebelum dan sesudah makan, memuji Allah sebelum makan, makan menggunakan tangan kanan, tidak makan sampai benar-benar merasa lapar, serta tidak makan dan minum berlebihan. Akhirnya, dengan memuji dan bersyukur kepada Allah atas makanan dan minuman yang terhidang dan membuatnya mudah untuk ditelan.

Dari semua yang telah disebutkan, Alquran dan Sunnah telah mengajarkan tentang pentingnya makan sehat, seimbang dan memenuhi syarat kebersihan. Islam telah menekankan pentingnya hal-hal ini sejak awal kemunculannya.

Jika ada pertanyaan lain, silakan ditanyakan di bawah ini: